Resep: Combro (OnCOM dijeRO) Seuhah Anti Ribet!

Combro (OnCOM dijeRO) Seuhah. Hallo guys. ini video pertama aku ya AMSR COMBRO (ONCOM DIJERO) terimakasih sudah klik video ini. enjoy ๐Ÿ™‚ jangan lupa LIKE, COMENT ,SUBCRIBE ๐Ÿ‘Œ. Combro/comro alias Oncom dijero adalah cemilan khas Jawa Barat yg mirip dengan misro, bedanya pada bahan isian combro diisi dengan oncom/tempe yg khas Jawa. Combro merupakan makanan khas dari Jawa Barat.

KOMPAS.com – Comro atau biasa disebut combro adalah camilan gurih khas Sunda dengan isian berupa tumisan oncom yang gurih dan pedas. Comro merupakan singkatan dari Oncom dijero (bahasa Sunda) yang artinya Oncom didalam. Combro atau comro merupakan makan khas dari tanah Sunda yang terbuat dari parutan singkong dan didalamnya berisikan sambal oncom. Kamu dapat membuat Combro (OnCOM dijeRO) Seuhah hanya dengan menggunakan 21 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin Combro (OnCOM dijeRO) Seuhah yuk!

Bahan-bahan Combro (OnCOM dijeRO) Seuhah

  1. Siapkan of singkong yang sudah dikupas bersih, parut.
  2. Siapkan of kelapa parut yang muda, kukus.
  3. Diperlukan of ketumbar bubuk.
  4. Diperlukan of garam (menyesuaikan selera).
  5. Dibutuhkan of kaldu ayam bubuk (optional).
  6. Dibutuhkan of daun bawang, iris iris tipis.
  7. Gunakan of Isian Oncom.
  8. Sediakan of oncom, hancurkan.
  9. Gunakan of kemangi, ambil daunnya, cuci bersih.
  10. Sediakan of gula merah.
  11. Diperlukan of kaldu bubuk atau bisa diganti dengan pula pasir secukupnya.
  12. Sediakan of Garam.
  13. Diperlukan of bawang merah.
  14. Gunakan of bawang putih.
  15. Dibutuhkan of cabe merah besar.
  16. Diperlukan of cabe merah keriting.
  17. Sediakan of rawit merah, pedas sesuai selera bisa dikurangi.
  18. Dibutuhkan of daung bawang, iris iris.
  19. Dibutuhkan of kencur (optional).
  20. Dibutuhkan of Minyak goreng secukupnya untuk menumis dan menggoreng combro.
  21. Diperlukan of air.

Pada umumnya Combro berisikan oncom, tetapi ada juga lho Combro yang dibuat tanpa berisikan oncom. Combro merupakan makanan gorengan khas dari Jawa Barat atau Sunda. Combro merupakan singkatan dari "oncom di jero bro" (oncom di dalam bro). Combro memang terbuat dari parutan singkong yang dibentuk bulat atau lonjong dan diisi dengan sambal.

Cara membuat Combro (OnCOM dijeRO) Seuhah

  1. Campur singkong parut, kelapa kukus, garam, ketumbar, daun bawang, kaldu bubuk. Aduk rata. Sisihkan.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe keriting, rawit, kencur.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum mewangi, masukkan oncom yang sudah dihancurkan, aduk rata, beri air. Masak hingga air menyusut.
  4. Masukkan gula, garam dan kemangi dan daun bawang, aduk rata. Cicipi. Sisihkan..
  5. Ambil 1 sdm penuh adonan singkong, kurang lebih 40-50 gram. Pipihkan, taruh isian oncom 1 sdt penuh, tutup dan bulatkan/ bentuk sesuai selera. Lakukan hingga habis. Hasilnya kuramg lebih 30-35 pcs combro pedas.
  6. Goreng dalam minyak panas sedang hingga berwarna coklat keemasan, Tiriskan. Siap disantap untuk cemilan sore temen ngeteh.
  7. FYI : Combro yang sudah dibentuk bisa disimpan didalam wadah tertutup dan disimpan di chiller kulkas, tahan sampai 2 hari karena campuran kelapanya sudah dikukus, jadi tahan lama..
  8. Semoga bermanfaat๐Ÿ˜š.

Resep Combro Isi Oncom Enak dan Cara membuatnya. Dengan harga yang murah dan rasa yang enak, kue combro renyah isi oncom tidak hanya disukai oleh golongan menengah ke bawah, tetapi juga kalangan menengah ke atas pun sangat menyukainya. Combro is indeed made from grated cassava which is shaped round or oval and filled with oncom sauce then fried. Combro sendiri merupakan singkatan dari kata Oncom Dijero, yang artinya oncom di dalam. Biasanya combro dijajakan oleh para pedagang kaki lima di sepanjang jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *